Yang Perlu Di Perhatikan Sebelum Membeli Laptop Agar Tidak Salah

Banggamembaca.comYang Perlu Di Perhatikan Sebelum Membeli Laptop Agar Tidak Salah Dengan kemudahan dalam meningkatkan produktivitas sehari-hari, saat ini laptop menjadi alat penting di era digital seperti sekarang. Padahal, laptop mudah dibawa dan fleksibel. Laptop merupakan alat terbaik untuk melakukan pekerjaan karena dapat dengan mudah dibawa sehingga dapat dioperasikan kapan saja dan dimana saja.

Yang Perlu Di Perhatikan Sebelum Membeli Laptop Agar Tidak Salah Dalam Memilih

Yang Perlu Di Perhatikan Sebelum Membeli Laptop
Laptop

“Laptop adalah mesin multiguna yang bisa digunakan untuk pemrograman maupun untuk diprogram. Mesin-mesin ini dapat menerima informasi faktual dan menarik secara kasar bersama-sama, yang kemudian informasi tersebut diproses atau dimanipulasi menjadi informasi yang dapat digunakan oleh pengguna,” kata pakar komputer William Sawyer.

Yang Perlu Di Perhatikan Sebelum Membeli Laptop

Namun, banyaknya jenis laptop tidak sporadis, membingungkan dan sulit untuk dipilih. Apalagi saat ini sudah banyak laptop yang beredar di pasaran. Harga dan model juga bervariasi. Nah, kecuali Anda berniat membeli laptop baru, simak tips membeli laptop baru berikut ini, dikutip dari banggamembaca.com

1. Pilih Platform Operasi

Tips pertama adalah menentukan OS apa yang sesuai dengan kebutuhan Anda.. Ada lebih dari satu platform operasi yang tersedia, yaitu Windows dan Mac OS (Macbook Specific). Lebih dari satu laptop besar dilengkapi dengan salah satu dari dua platform operasi.
Windows adalah platform operasi paling fleksibel dan beroperasi pada banyak jenis laptop selain Chrome OS atau Mac Os.

Versi terbaru dari platform operasi andalan Microsoft dapat digunakan dalam mode tablet dan desktop. Anda bisa mendapatkan platform operasi Windows untuk laptop murah hingga yang harganya di atas 10 jutaan. Windows juga memiliki fitur yang paling banyak dibandingkan dengan platform operasi lainnya.

Benar, Macbook hadir dengan platform operasi desktop Apple, Mac Os. Platform operasi ini memiliki fungsi yang sama dengan Windows 10, tetapi dengan tampilan antarmuka yang berbeda yang menggantikan eksekusi di bagian bawah layar untuk menu-menunya. Mac OS dikhususkan untuk produk Apple. Dengan Mac Os, semua perangkat Apple dapat dengan mudah dihubungkan satu sama lain.

Juga tersedia Chrome Os, Google Chrome OS adalah platform operasi terbaru di pasar dan ditemukan di jajaran laptop Chromebook murah. Meskipun sederhana dan aman, Chrome OS memiliki fitur-fitur yang sangat terbatas dibandingkan dengan Windows atau Mac.

Baca Juga : How To Split Screen On Windows 11

Dengan Chrome OS jangan harap anda bisa menggunakan laptop untuk menjalankan program seperti Adobe Collection karena Chrome OS tidak mendukung layanan tersebut. Secara total, Chrome OS saat ini lebih cepat dan lebih fleksibel daripada sebelumnya.

Fondasinya berpusat pada situs web, tetapi sistemnya sekarang mendukung Google Play dan Android, menjadikannya pendamping laptop yang ideal kecuali Anda menggunakan ponsel Android.

2. Ukuran laptop

Tips kedua untuk mendapatkan laptop terbaik dan paling cocok untuk Anda pertimbangkan adalah ukurannya, terutama ukuran layarnya.

Sesuaikan dengan kebutuhan aktivitas Anda. Jika Anda membutuhkan portabilitas tinggi, pilih yang berukuran kecil. Anda akan lebih mudah bergerak, bergerak dengan mudah karena dimensinya yang kecil.
Di sisi lain, jika Anda membutuhkan laptop bertenaga tinggi, baik untuk desain atau gaming, Anda harus memilih laptop dengan ukuran besar. Pasalnya, dibutuhkan bodi yang tebal untuk menyimpan komponen yang bertenaga di dalamnya.

Baca Juga : Cara Bisnis Laundry Sepatu : Jangan Asal Agar Untung!

3. Spesifikasi internal

Ini adalah salah satu faktor terpenting yang harus diperhatikan sebelum membeli laptop baru. Anda perlu mempertimbangkan tipe prosesor, Ram, VGA, dan kapasitas media penyimpanan yang Anda butuhkan.

Ada dua vendor prosesor yang paling banyak digunakan saat ini, yaitu Intel dan AMD. Keduanya memiliki varian produk prosesor yang tak terhitung jumlahnya yang dibanderol mulai dari satu juta hingga puluhan juta rupiah. Setelah itu, RAM juga menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kinerja laptop. Semakin besar RAM yang terpasang maka semakin besar pula kinerja laptop untuk keperluan multitasking. Sejauh ini, Windows 10 membutuhkan setidaknya 8 GB RAM.

Mayoritas laptop tidak dilengkapi dengan VGA tambahan. Sebab, pada dasarnya kebanyakan prosesor dilengkapi dengan chip grafis yang sudah cukup bagus. Namun, jika ingin memainkan game lebih banyak, lebih baik pilih laptop yang dilengkapi VGA tambahan karena akan lebih bertenaga.

Yang tak kalah signifikan adalah kapasitas media penyimpanannya. Jadi, semakin besar kapasitas media penyimpanan, semakin banyak file yang dapat Anda simpan. Meski begitu, Anda tetap bisa mengelabui laptop dengan kapasitas penyimpanan kecil dengan membeli penyimpanan eksternal.

Baca Juga : 5 Cara Menghemat Baterai HP Agar Tidak Cepat Habis dan Tahan Lama

4. Desain laptop

Laptop juga terus meningkatkan penemuan, terutama dalam hal desain. Selain memiliki segudang laptop berukuran tebal, kini Anda bisa menemukan laptop dengan ukuran super tipis. Apalagi sudah ada tipe 2-in-1 yang memungkinkan layar dan keyboard dilepas atau dipasang dan dilipat hingga 360 derajat. Namun, yang menjadi perhatian besar adalah ketahanan energi, terutama pada engselnya. Apakah desainnya benar-benar kokoh dan tahan lama? Jadi, pastikan Anda mengetahui jenis layar yang digunakan, resolusi, dan sudut pandang layar.

5. Kapasitas baterai

Jika Anda membeli laptop berukuran besar yang hanya akan digunakan di atas meja dekat stopkontak, maka Anda tidak perlu khawatir dengan daya tahan baterai. Di sisi lain, jika laptop yang Anda minati hanya untuk digunakan di pangkuan Anda, Anda akan membutuhkan setidaknya 7 jam daya tahan, baterai dengan daya lebih dari 8 jam sangat ideal. Untuk mendapatkan informasi masa pakai baterai, Anda dapat mencari sumber yang objektif, seperti ulasan pembeli laptop.

6. Konektivitas lengkap

Kebutuhan akan Wifi harus menjadi hal yang utama. Jadi, disarankan agar Anda melacak laptop dengan konektivitas lengkap. Tidak hanya koneksi Wifi, setidaknya Anda bisa memilih laptop yang memiliki tiga port USB. Port pendukung lainnya seperti LAN dan HDMI/VGA juga disertakan.

Memang, lebih dari satu konektivitas yang semula vital ini mulai menghilang. Pasalnya, desain laptop semakin hari semakin tipis dan minim port. Namun dilengkapi dengan USB Model-C yang mendukung arus pertukaran data hingga 40 Gbps. Anda masih dapat menemukan solusi dengan menggunakan dongle sebagai ekstensi port yang semakin langka.

Nah, Tidak hanya hal di atas yang sudah admin sebutkan yang harus diperhatikan, Anda juga harus memperhatikan hal lainnya seperti garansi, fitur pendukung tambahan, keamanan, hingga yang paling signifikan adalah anggaran. Sesuaikan produk dengan budget yang Anda miliki, dan temukan spesifikasi yang setidaknya memenuhi kebutuhan dasar Anda.

Penutup

Demikian yang dapat admin sampaikan mengenai Yang Perlu Di Perhatikan Sebelum Membeli Laptop, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca setia banggamembaca.com. Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya yang pastinya sangat bermanfaat.

Gallery for Yang Perlu Di Perhatikan Sebelum Membeli Laptop Agar Tidak Salah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *