Cara Bisnis Laundry Sepatu : Jangan Asal Agar Untung!

10 View

Banggamembaca.com – Halo guys, kembali lagi bersama admin. Kali ini admin ingin memberikan artikel yang sangat menarik dan bermanfaat. Disini Admin ingin memberikan informasi mengenai Cara Bisnis Laundry Sepatu.

Seperti yang kita ketahui, bahwa saat ini bisnis laundry sedang marak sekali di masyarakat. Karena banyaknya pesaing, presentase kesuksesan menjalankan bisnis laundry ini sangat kecil.

Nah dengan banyaknya persaingan bisnis laundry saat ini, mungkin anda bisa mencoba membuka bisnis laundry dengan bidang yang lebih khusus, contohnya laundry sepatu.

Mengapa Anda harus mencuci sepatu? karena sepatu adalah barang yang sangat sering digunakan selain pakaian. Sepatu biasa digunakan sehari-hari, baik digunakan untuk sekolah, kuliah, maupun untuk kerja.

Sama halnya seperti pakaian, sepatu juga sangat rentan kotor. Sepatu kotor lebih sulit sulit dicuci daripada pakaian kotor.

Orang membutuhkan solusi yang cepat untuk membersihkan sepatu. Jadi membuka bisnis laundry sepatu merupakan salah satu jalan jika Anda ingin membuka bisnis laundry.

Apakah Anda tertarik untuk membuka bisnis ini? Silahkan baca ulasannya di Banggamembaca di bawah ini.

Baca Juga : 5 Cara Menghemat Baterai HP Agar Tidak Cepat Habis dan Tahan Lama

Persiapan Membuka Bisnis Laundry Sepatu

Setiap bisnis pasti akan berhasil jika Anda memulai dengan persiapan yang matang. Tanpa perencanaan dan persiapan yang matang, bisnis bisa tetap beroperasi namun memiliki risiko yang tinggi. Tingkat kegagalan akan jauh lebih tinggi. Berikut hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan dalam memulai bisnis laundry sepatu.

1. Analisa Terlebih Dahulu Prospek Bisnis Anda

Mencari pelanggan potensial adalah langkah pertama yang perlu kita lakukan. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa bisnis yang ingin kita lakukan dapat diterima oleh masyarakat. Lakukan survei dan analisa sederhana untuk melihat bagaimana respons calon pelanggan kita.

Kemudian perhatikan masyarakat di sekitar Anda, pastikan mereka bisa menjadi konsumen jasa laundry sepatu yang ingin Anda jalankan. Umumnya pelanggan dari layanan ini adalah pelajar, mahasiswa, dan pekerja. Jika tidak banyak orang dengan pekerjaan ini di daerah Anda, Anda harus mencari tempat lain yang lebih memungkinkan.

Hal ini dilakukan agar Anda dapat mengurangi risiko kegagalan yang dapat Anda alami.

2. Peralatan Usaha

Setelah Anda telah melakukan analisa prospek bisnis dan memastikan bahwa bisnis Anda berpotensi untuk sukses, langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah menyiapkan berbagai peralatan untuk bisnis tersebut. Apa yang dibutuhkan untuk memulai bisnis laundry sepatu? Berikut adalah list-listnya:

  • Tempat (baik sewa maupun punya sendiri) yang dapat menampung mesin cuci dan peralatan lainnya
  • Lahan untuk menjemur sepatu (Jika Anda tidak menggunakan alat pengering)
  • Rak sepatu
  • Rak untuk peralatan (seperti sabun dan lain-lain)
  • Perlengkapan pendukung lainnya

Baca Juga : LINK Download Video Ucapan Selamat Idul Fitri 2022, Cocok di share ke kerabat

3. Membeli Mesin Cuci

Persiapan ketiga yang harus Anda lakukan adalah menentukan mesin cuci yang akan dibeli. Perhatikan jenis mesin cuci dan harga yang sesuai dengan jumlah budget yang Anda miliki.

Jenis mesin cuci sepatu berbeda dengan mesin cuci pakaian. Jangan gunakan mesin cuci pakaian untuk menyuci sepatu karena dapat merusak sepatu.

Anda bisa membeli mesin cuci khusus untuk sepatu dengan harga mulai dari Rp 2 jutaan. Agar lebih praktis, carilah mesin cuci yang dilengkapi dengan pengering secara bersamaan, agar Anda tidak perlu membeli alat pengering lagi dan yang pastinya ini akan menghemat budget Anda.

Untuk memulai bisnis ini Anda cukup membeli 1 mesin cuci saja. Anda bisa menambah jumlah mesin saat bisnis sudah mulai berjalan lancar.

Jangan lupa untuk memperhatikan kualitas mesin cuci saat Anda mau membelinya. Dan akan lebih baik jika Anda membeli mesin cuci yang memiliki garansi yang panjang.

4. Mempersiapkan Peralatan Untuk Mencuci Sepatu

Persiapan keempat yang harus dipersiapkan selanjutnya adalah Anda perlu menyiapkan peralatan dan bahan kimia untuk membersihkan sepatu.

Setiap sepatu milik pembeli terbuat dari bahan yang berbeda-beda, seperti kulit, suede, beludru, kanvas dan lain-lain. Nah dengan bahan-bahan yang berbeda ini pastinya membutuhkan alat yang berbeda untuk membersihkannya. Oleh karena itu, Anda perlu menyiapkan beberapa peralatan yang berbeda-beda sesuai dengan bahan sepatunya.

Teknik mencuci sepatu ini dibagi menjadi 3 cara, yaitu pembersihan kering (dry cleaning), pembersihan basah (wet cleaning), dan pembersihan kombinasi. Anda perlu menyiapkan bahan dan alat seperti di bawah ini :

  1. Dry clean (Pembersihan Kering) : neutralizer, anti bakteri, shoes screaner, dan parfum
  2. Wet clean (Pembersihan Basah) : Air, neutralizer, parfum, cleaner, surfaktan, dan anti bakteri.
  3. Combination (Pembersihan Kombinasi) : kain microfiber, kuas halus, sikat kasar, sikat halus, botol semprot ukuran sedang, spons khusus suede, dan karet penghapus.

Baca Juga : 10 Tips Manajemen Uang Yang Baik Untuk Masa Depan Anda

Tips-Tips Untuk Memulai Bisnis Laundry Sepatu Dari Awal

Memulai bisnis cuci sepatu tidaklah sulit apalagi jika Anda sudah melakukan tips-tips yang sudah kita berikan sebelumnya.

Nah selanjutnya adalah beberapa tips bisnis agar bisnis laundry sepatu Anda bisa berjalan lancar dan lebih baik, berikut tipsnya :

1. Belajar Bagaimana Merawat Sepatu

Telah dikatakan di atas sebelumnya bahwa sepatu itu memerlukan perhatian yang khusus tergantung pada jenis bahannya. Sebelum Anda terjun ke bisnis laundry sepatu, Anda perlu mempelajari bagaimana cara merawat sepatu yang terbuat dari bahan-bahan yang berbeda. Hal ini dapat Anda lakukan dengan mengikuti pelatihan khusus, atau Anda bisa pelajari di Internet.

Hal ini digunakan untuk menghindari kerusakan sepatu pelanggan karena melakukan perawatan dan pembersihan yang tidak tepat. Jika ini terjadi, Anda akan kehilangan pelanggan dan kehilangan kepercayaan pelanggan secara material. Anda tidak ingin hal ini terjadi, bukan?

2. Memilih Bahan dan Alat Yang Akan Digunakan

Selalu dikaitkan dengan perawatan sepatu, setiap bahan pastinya membutuhkan bentuk perawatan yang berbeda-beda. Perbedaan ini terletak pada teknik pembersihan, bahan kimia yang digunakan dan peralatan yang dibutuhkan.

Gunakan dan belilah alat dan bahan yang Anda butuhkan untuk membersihkan sepatu dengan ilmu yang Anda tau. Untuk memulai bisnisini, pertama-tama sediakanlah peralatan untuk bahan sepatu yang konvensional.

3.Pelajari Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran akan menentukan sukses atau tidaknya suatu bisnis. Strategi pemasaran yang baik harus diterapkan dalam setiap bisnis, baik itu perusahaan mikro, kecil, menengah maupun besar.

Seperti yang sudah di bahas sebelumnya target pasar untuk sektor laundry sepatu terdiri dari pelajar, mahasiswa dan pekerja. Orang-orang dalam kelompok ini umumnya lebih sering menggunakan media sosial.

Nah dengan promosi di platform media sosial pastinya akan jauh lebih efektif dalam mendapatkan pelanggan.

4. Berikan Layanan Terbaik

Kunci untuk mendapatkan pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama adalah layanan yang terbaik. Usaha cuci sepatu termasuk dalam kategori usaha jasa.

Oleh karena itu, pelayanan yang baik merupakan kunci keberhasilan dalam usaha dibidang jasa. Contohnya adalah dengan menyapa pelanggan dengan sikap yang ramah, memposisikan pelanggan sebagai raja yang harus dilayani dengan sepenuh hati dan dengan baik. Bersihkan sepatu pelanggan dengan cara terbaik. Jika perlu, beri penghargaan kepada pelanggan yang paling sering mengunjungi Anda, contohnya seperti memberikan promo maupun diskon bagi pelanggan setia Anda.

Penutup

Demikianlah artikel mengenai Cara Bisnis Laundry Sepatu yang dapat Admin sampaikan, semoga tips-tips yang Admin sampaikan bisa bermanfaat bagi para pembaca semua. Jangan lupa apabila artikel ini bermanfaat untuk share ke kerabat kalian dan berikan komentar dibawah ini. Terima Kasih (CL).

Gallery for Cara Bisnis Laundry Sepatu : Jangan Asal Agar Untung!

Leave a Reply

Your email address will not be published.