5 Cara mempercepat koneksi internet android

banggamembaca.com – 5 cara mempercepat koneksi internet android adalah salah satu item yang paling sering dicari saat ini, terutama yang ingin selalu menjaga kecepatan internet dengan baik. Pastinya Jika koneksi internet anda lambat pasti akan membuat anda menjadi kesal dan emosi, apalagi bila hal itu sangat sering terjadi.

Selain operator telepon seluler yang berpengaruh, ada banyak cara untuk menjaga kecepatan jaringan tetap stabil, seperti pengaturan android atau pengaturan default. Jika anda ingin mengetahui cara mempercepat koneksi internet android maka akan kami bahas dibawah ini, mari kita simak selengkapnya dibawah ini :

5 Cara mempercepat koneksi internet android

Baca Juga : 5 Rekomendasi Smartwatch Terbaik Tahun 2022

Baca Juga :5 Cara Bermain Forex Yang Aman Untuk Pemula

5 Cara mempercepat koneksi internet android

1. Menggunakan layanan operator yang memiliki jaringan yang kuat

Ini adalah langkah pertama yang diperlukan untuk mempercepat koneksi internet Anda. Indonesia memiliki lima operator seluler: Indosat Ooredoo, Axis, XL Axiata, Telkomsel dan Tri. Pilihlah sinyal yang bagus dan cepat yang sesuai dengan wilayah Anda.

Pada dasarnya, layanan Internet sangat bergantung pada kekuatan sinyal, jadi seperti apa Internet jika tidak ada sinyal? Oleh karena itu, cari tahu operator mana yang tepat untuk wilayah Anda.

2. Menggunakan jaringan 4G LTE

Jika Anda ingin menggunakan jaringan 4G LTE, caranya adalah dengan buka  Pengaturan>Jaringan>Dan Internet>Jaringan Seluler>Lanjutan>Pilihan atau LTE/WCDMA. Disini Anda dapat melihat pengaturan terbaik di antara 2 pengaturan koneksi untuk akses Internet.

Saat ini di Indonesia sudah banyak sekali operator jaringan seluler yang mendukung jaringan 4G LTE dengan menghubungkan teknologi berkecepatan hingga 100 mbps ke Internet.
Telkomsel dan Indosat Ooredoo kini sudah mendukung 5G, namun dukungan konektivitasnya masih terbatas hanya di beberapa wilayah saja, jika konektivitas 5G sudah komersial di seluruh Indonesia dan sudah memperluas wilayahnya maka Anda dapat meningkatkan kecepatan internet anda dengan menggunakan 5G.

3.Menggunakan Chrome Data Saver

Jika Anda menggunakan aplikasi Google Chrome, ada fitur Data Saver yang dapat menghemat kuota internet, tetapi juga mempengaruhi kecepatan internet Anda ketika Anda mengunjungi sebuah situs web, untuk mengaktifkan fitur ini Anda hanya perlu membuka Google Chrome > Setelan > Lanjutan > Penghemat Data.

Jika Anda mengunjungi halaman web, fitur Penghemat Data Google Chrome memprioritaskan halaman tersebut, yang berarti semua gambar yang dimuat akan muncul dalam versi kecil (ukuran kecil). Itu juga dapat dikonversi ke AMP (Accelerated Mobile Pages) dengan tampilan yang ringkas dan pemuatan yang sangat cepat di browser.

4. Jangan menggunakan widget

Widget adalah fitur bawaan Android. Fitur ini merupakan fitur dasar Android yang memudahkan pengguna Android untuk mengoptimalkan penggunaan perangkatnya. Dengan widget, pengguna tidak perlu menggulir menu dan menggesek layar hanya untuk menemukan aplikasi yang mereka inginkan. Meskipun berguna, widget juga dapat menguras baterai dan memperlambat koneksi internet Anda karena tetap terhubung ke server penyedia data Anda bahkan saat smartphone anda dalam mode tidur, menghapus widget dari layar beranda juga dapat meningkatkan kecepatan internet Anda.

5. Menutup aplikasi saat Anda tidak menggunakannya

Sebagian besar pengguna Android hanya menekan tombol Kembali atau Home setelah menggunakan aplikasi. Padahal hal ini akan menambah beban RAM dan memperlambat koneksi internet, tetapi karena aplikasi berjalan di latar belakang dan tidak sepenuhnya tertutup. Untuk menutupnya Anda hanya perlu mengklik dan menggesek tombol aplikasi terbaru untuk menutupnya, agar koneksi internet tetap cepat dan maksimal.

Penutup

Di atas adalah tips atau cara mempercepat koneksi internet android, semoga informasi ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua, Terima Kasih (CL).

Baca Juga : 3 Cara mudah untuk membangun usaha sendiri

Baca Juga : Apa Bahasa Pertama Di Dunia?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *